Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Anak

Sudah kita ketahui bahwa anak-anak suka sekali bermain air, apa lagi jika diajak berenang, bisa dipastikan anak-anak tidak akan menolak kegiatan tersebut. Ternyata tanpa kita sadarai, kegiatan berenang selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh anak anda, ternyata berenang juga bisa meningkatkan tingkat kecerdasan anak-anak anda. Tentunya berenang bersama keluarga sangat menyenangkan karena bisa memberikan keceriaaan bagi keluarga anda.
Sebuah penelitian di Jerman menyatakan bahwa melatih anak-anak berenang sejak dini (bayi) bisa melatih kemampuan fisik seorang anak. Selain itu Olah raga berenang juga bisa melatih tingkat konsentrasi seorang anak, gerak reflek, kecerdasan serta perilaku sosial saat mereka melalui masa taman kanak-kanak. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa anak-anak yang dilatih berenang sejak umur tiga bulan bisa meningkatkan kemampuan menjadi anak berbakat, selain itu anak tersebut akan lebih percaya diri dan mandiri serta menunjukan tingkat kecerdasan intelektual lebih dibandingkan anak-anak yang tidak dilatih berenang.

Melatih Anak Berenang, Meningkatkan Kecerdasan Dengan Berenang
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Anak
Berikut merupakan Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Anak :
  1. Meningkatkan IQ, hasil sebuah penelitian di Melbourne, Australia menunjukan secara statistik bahwa anak-anak yang diajarkan berenang sejak dini akan memiliki tingkat IQ lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak tidak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah umur lima tahun. Tidak hanya itu, pertumbuhan fisik, kemampuan emosional dan kemampuan sosial anak tersebut juga lebih baik. Kemampuan ini diukur setelah anak berumur sepuluh tahun.
  2. Hasil dri penelitian lain juga menunjukan bahwa bayi lebih gampang diajarkan berenang, hal ini dikarenakan bayi tidak mengenal faktor X  semisal bahaya. Karena belum mengenal bahaya maka bayi bisa langsung diajarkan berenang pada umur tiga bulan. Selain senag bermain dengan air, bayi pada umur tiga bulan juga sudah memiliki reflek melangkah,reflek melangkah ini banyak kegunaanya untuk berenang. “Refleks melangkan merupakan refleks yang menyertai bayi seperti halnya refleks menggengam dan refleks berjalan”  jelas Dr. Karel Staa dari RS Pondok Indah.
  3. Memiliki daya tahan tubuh tinggi, jangan pernah merasa takut atau kuatir jika anak anda bermain air atau berenang, biasanya anda akan merasa takut jika anak anda akan terserang masuk angin. Anda tidak perlu takut akan hal itu, karena gerakan pada saat berenang akan memperlancar sirkulasi darah dan organ-organ tubuh anak anda. Selain itu, otot-otot tubuh akan menjadi lentur dan kuat sehingga daya tahan tubuh akan meningkat.
  4. Membentuk kepribadian, olah raga berenang selain untuk melatih kemampuan fisik seorang anak juga bermanfaat untuk membantu membentuk kepribadian. Pada umumnya berlatih berenang akan membuat anak menjadi lebih percaya diri, bahagia, mandiri dan meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi dengan lingkungan.
Setelah anda mengetahui Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Anak, tentu anda tidak ragu atau takut lagi jika buah hati anda memngajak berenang atau bermain air. Karena selain membahagiakan buah hati anda, hal ini juga bisa membuat keluarga anda lebih harmonis. Semoga informasi diatas berguna bagi anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar