Boentialo

Minggu, 04 Agustus 2013

Penyebab Umum Sembelit Pada Bayi

Penyebab Umum Sembelit Pada BayiMengalami sembelit atau susah buang air besar yang mengakibatkan anda yang hendak (BAB) menderita karena susahhnya kotoran anda keluar bagaiamana bila sembelit ini dialami oleh bayi anda? bayi bila mengalami  sembelit dia akan menangis pada saat ia ingin buang air besar, ini adalah  hal yang biasa terjadi pada bayi jadi orang tua seharusnya jangan terlalu panik bila hal semacam ini terjadi pada sibuah hatinya.
Bayi sembelit dan bayi sakit perut adalah hal yang biasa terjadi. Karena itu, sebagai orang tua, kita tidak perlu panik. Namun demikian, kendati hal yang biasa, bukan berarti kita harus tenang-tenang saja jika menghadapi bayi sembelit. Hal yang terbaik adalah mencari tahu penyebab bayi sembelit untuk melakukan langkah-langkah yang tepat dalam mengatasinya.

Bayi sembelit jika ia tidak BAB dalam 2 hari karena secara normal bayi BAB 1 sampai 2 kali sehari. Bayi sembelit juga bila ia BAB tapi feses atau tinjanya keras dan liat.
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab bayi sembelit, yaitu:
1. Penyebab bayi sembelit pertama adalah karena kekurangan cairan atau kurang minum. Bayi harus cukup minum karena ia mengeluarkan cairan lewat kencing dan keringat lebih banyak akibat metabolisme yang tinggi. Bila bayi kurang cairan, maka tinjanya menjadi keras dan kurang lembap.
2. Penyebab bayi sembelit yang kedua adalah karena pengeluaran cairan yang berlebihan. Ini terjadi karena bayi berada di lingkungan yang membuatnya mengeluarkan cairan berlebihan. Misalnya, lingkungan yang berudara panas membuat bayi banyak mengeluarkan keringat. Atau, bayi berada di ruang ber-AC yang meski berhawa sejuk tapi menyebabkan udara kering. Bila bayi berada di lingkungan yang demikian, buah hati kita itu harus diberi banyak ASI atau minum.
3. Penyebab bayi sembelit yang ketiga ialah disebabkan sisa pembuangan (residu) yang berlebihan. Misalnya, pembuangan protein dari makanan berupa lauk-pauk nabati (kacang-kacangan) dan hewani. Bila bayi mendapat makanan ini, berilah ia cairan lebih banyak. Bila si buah hati sudah mendapat makanan padat pendamping ASI, berilah pula ia buah-buahan, seperti pepaya dan pisang.
4. Penyebab bayi sembelit yang keempat ialah karena residu mineral. Misalnya, pemberian vitamin yang juga mengandung mineral zat besi dapat menyebabkan feses bayi berbungkil-bungkil seperti kotoran kambing. Bila ini terjadi, konsultasikan pada dokter Anda apakah pemberian vitamin ini boleh dihentikan atau dikurangi dosisnya.
5. Penyebab bayi sembelit yang kelima adalah disebabkan pemberian obat-obat seperti obat flu dan antibiotik. Konsultasikan pula pada dokter untuk mengatasinya karena dokter yang memahami efek pemberian obat ini dan bagaimana cara mengatasinya.
Selalu ada jalan keluar jika buah hati kita mengalami sesuatu, termasuk jika bayi sembelit atau bayi sakit perut. Jadi, sekali lagi, tidak perlu panik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar