Boentialo

Rabu, 07 Agustus 2013

Khasiat dan Manfaat sirih merah


Khasiat dan manfaat sirih merah banyak digunakan oleh masyarakat indonesia khususnya masyarakat jawa sejak jaman dahulu. Karena khasiat dan manfaat sirih merah  dapat di gunakan  sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sirih merah juga dimanfaatkan sebagai rampe atau pelengkap sesaji dalam upacara-upacara adat, dan sebagai alat kosmetik kecantikan wanita - wanita jawa pada jaman dulu.


Khasiat dan manfaat sirih merah yang terkandung di dalamnya diantaranya, Senyawa flavonoid dan polivenol berfungsi sebagai antioksidan, antideabetik, antikanker, antiseptik dan antiinflamasi. senyawa alkoloid pada sirih merah juga dapat dimanfaatkan sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kandungan karvakol pada daun sirih merah bermanfaat sebagai desenfektan, dan anti jamur, sehingga berfungsi sebagai obat kumur dan obat keputihan. Kandungan senyawa eugenol berfungsi sebagai obat pereda nyeri atau analgetik. Kandungan tanin berfungsi sebagai penyembuh sakit perut khusunya diare dan juga dapat digunakan sebagai obat antiseptik pada luka.
Sirih merah  biasanya hidup pada daerah dataran tinggi, cukup mudah untuk menanam sirih merah, hanya dengan menaruhnya di media dan di tempatkan dalam lingkungan yang lembab dan tidak terkena matahari secara langsung, Apabila sirih merah ditanam pada daerah yang memiliki kadar panas atau terkena sinar matahari langsung maka batang pada sirih merah akan cepat mengering dan zat warna merah yang terdapat pada bagian daun akan perlahan-lahan memudar.


Sampai saat ini pengunaan  sirih merah sebagai tanaman obat belum ada informasi yang berkaitan dengan efek samping mengkonsumsi tanaman ini sebagai obat, akan tetapi untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan sirih merah tidak di anjurkan untuk di konsumsi oleh para wanita yang sedang hamil, menyusui dan anak-anak dibawah umur 7 tahun.

Sumber : http://www.seputarduniawanita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar