Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Khasiat Akar Alang-alang

Khasiat Akar Alang-alang : Alang-alang atau Ilalang merupakan sejenis rumput berdaun tajam dan pada umumnya dikenal sebagai tumbuhan pengganggu atau Gulma di lahan pertanian. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Imperata Cylindrica, dan berada dalam suku Panicoideae. Alang-alang dapat berkembangbiak dengan cepat, memalui bijinya atau melaui rimpangnya. Karena ringan, biji ilalang mudah terbawa angin sehingga penyebaran ilalang menjadi cepat. Rumput ini suka tumbuh di tanah gembur dan subur, banyak disinari matahari sampai redup dengan keadaan tanah lembab atau kering.
Manfaat Akar Alang-alang, Akar Alang-alang Sebagai Obat Herbal
Khasiat Akar Alang-alang BagiKesehatan
Secara umum alang-alang digunakan sebagai tumbuhan pelingdung tanah supaya tidak mudah tererosi, karena alang-alang memiliki akar dan rimpang yang kuat. Sedangkan di sebagian daerah di indonesia, daun alang-alang muda dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan daun alang-alang tua dimanfaatkan sebagai atap rumah. Selain daunya, akar alang-alang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Akar alang-alang memiliki kandungan Manitol, Glukosa, Sakarosa, Malic Acid, Citric Acid, Coixol, Tanin, Arundion, dan masih banyak lagi senyawa lain.
Berikut merupakan beberapa Khasiat Akar Alang-alang bagi Kesehatan
  1. Sebagai Obat Sakit Saluran Kencing, siapkan akar alang-alang dan akar aren (enau) bersihkan akar tersebut dan rebus dengan sepuluh gelas air, rebus hingga mendidih dan dinginkan. Minum air rebusan ini sebanyak 3x sehari selama 15 hari.
  2. Untuk Mengobati Darah Tinggi, ambil akar alang-alang secukupnya rebus hingga ainya mendidih. Setelah air rebusan dingin, minum air rebusan tersebut.
  3. Sebagai Obat Penurun Panas Demam, akar alang-alang dicucibersih kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah itu rebus dengan dua gelas air, rebus hingga mendidih dan tersisa setengah gelas air. Setelah air rebusan dingin, minum air rebusan tersebut. Sekali merebus hanya untuk sekali minum, minum sebanyak dua kali sehari yaitu pagi dan sore.
  4. Obat Radang Ginjal, akar alang-alang segar dicuci bersih kemudian dipotong kecil-kecil seperlunya. Rebus akar alang-alang tersebut dengan menggunakan tiga gelas air higga mendidih dan tersisa satu gelas air. Minum ramuan ini dua sampai tiga kali sehari.
Demikianlah informasi mengenai berbagai Khasiat Akar Alang-alang Bagi Kesehatan, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar