Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Bagi anda ibu rumah tangga, tentu sudah tidak asing lagi dengan rempah satu ini. Kunyit merupakan salah satu bumbu dasar dalam masakan khas Indonesia. Kunyit atau Kunir merupakan rempah atau tanaman obat asli dari Asia Tenggara. Sebagian besar masyarakat menanam kunyit untuk dimanfaatkan umbi (rimpang). Umbi (rimpang) kunyit memiliki berbagai manfaat, selain sebagai bumbu masakan juga bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal.

Khasiat Kunyit, Kegunaan Kunyit
Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
Umbi (rimpang) berumur satu tahun dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar obat herbal. Kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan dan mempengaruhi pencernaan khususnya bagian lambung. Kandungan kimia dalam umbi kunyit bisa bermanfaat sebagai obat seperti Kurkuminoid yang terdiri dari Kurkumin,desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%, Zat-zal lain seperti Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%. Kunyit juga mengandung minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil, dan garam-garam mineral (zat besi, fosfor, dan kalsium).
Berikut merupakan Cara Memanfaatkan Kunyit Sebagai Obat :
  1. Obat Demam, sediakan kunyit 20 gram dan 100 ml air minum. Selanjutnya bersihkan kunyit dan diparut, campur dengan air minum.  Peras dan saring campuran tersebut, minum air perasan dua kali sehari.
  2. Obat Diare, iris kunyit dan campur dengan satu sendok air kapur sirih. Rebus campuran tersebut sampai mendidih, setelah air rebusan dingin minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.
  3. Obat Borok, sediakan satu jempol kunyit, diparut dan dicampur dengan satu sendok air kapur sirih, juga air perasan satu buah jeruk nipis. Aduk campuran tersebut, setelah itu oleskan pada bagian yang terkena borok. Lakukan pengobatan ini secara rutin.
  4. Obat Radang Gusi, satu jempol kunyit dan tiga potong gambir diiris, campur dengan dua gelas air dan direbus hingga mendidih dan tersisa satu gelas air. Gunakan air untuk kumur-kumur, lakukan 2-4 kali sehari.
  5. Obat Radang Amandel, kunyit sebesar setengah jari diparut, campur dengan dua sendok air minum. Peras campuran tersebut, air hasil perasan dicampur dengan kuning telur dan aduk hingga rata. Minum campuran tersebut 1-2 kali sehari.
  6. Obat Mencret, Kunyit sebesar setengah ibu jari, Rasuk angin setengah sendok teh, tiga butir Ketumbar, Daun Trawas satu lembar dan Buah kayu Ules satu biji. Blender semua bahan tersebut dan campur dengan 115 ml air, rebus hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, saring air rebusan tersebut. Minum air rebusan tersebut secara rutin pagi dan sore.
  7. Obat Berak Berlendir (Disentri), Kunyit satu rimpang, 1/4 sendok makan kapur sirih, satu potong gambir, Rebus bahan-bahan tersebut dengan dua gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas air. Setelah air rebusan dingin, saring dan minum setengah gelas. Lakukan secara rutin dua kali sehari pagi dan sore.
Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat dari Umbi (Rimpang) Kunyit nagi kesehatan tubuh, semoga infarmasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar