Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Mengkudu atau dalam bahasa latin bernama Morinda Citrifolia merupakan tanaman dari Ordo Gentianales, Famili Rubiaceae, dan Genus Morinda. Tanaman ini memiliki ukuran pohon tidak begitu besar, tinggi pohon mengkudu hanya sekitar 4-6 m, batang bengkok-bengkok, kasar, berdahan kaku dan memiliki akar tunggang tertancap dalam ke tanah. Pohon mengkudu memiliki daun berwarna hijau, tebal dan mengkilap. Ukuran daun besar-besar, berbentuk jorong-langset dan pangkal daun berbentuk pasak. Bunga mengkudu tersusun majemuk dan bertipe bongkol bulat.

Manfaat Mengkudu, Khasiat Mengkudu
Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh
Secara umum mengkudu merupakan tanaman dengan kendungan gizi lenkap, kebutuhan nutrisi tubuh seperti protein, vitamin dan mineral penting tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Kandungan selenium pada buah mengkudu bisa bermanfaat sebagai antioksidan hebat. Mengkudu juga mengandung berbagai jenis senyawa seperti Xeronine, Plant Sterois, Alizarin, Lycine, Sosium, Caprylic Acid, Arginine, Proxeronine, Antra quinines, Trace Elemens, dan lain-lain. Kandungan Terpenoid pada buah mengkudu mampu membantu proses Sintesis Organic dan pemulihan sel-sel tubuh. Buah ini juga mengandung Scolopetin, yaitu suatu senyawa yang sangat efektif sebagai anti peradangan dan anti alergi.
Mengkudu juga berperan sebagai anti Kanker karena di dalam buah mengkudu terkadung juga zat-zat anti kanker, dimana zat-zat ini mampu mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal. Salah satu Alkaloid penting ada dalam buah ini, yaitu Xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit Xeronine, tetapi mengkudu banyak mengandung bahan pembentuk Xeronine yaitu Proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine merupakan sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainya. Penyerapan Xeronine oleh sel-sel tubuh mampu mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel aktif.
Berikut merupakan berbagai manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh
  1. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh, karena kaya akan anti oksidan alami.
  2. Membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker.
  3. Sebagai obat pereda rasa nyeri.
  4. Membantu engobati sakit perut, batuk dan demam.
  5. Mampu mencegah pertumbuhan tumor.
  6. Membantu menormalkan tekanan darah.
  7. Bisa menjadi anti bakteri.
  8. Sebagai zat anti peradangan dan anti alergi.
  9. Mempercepat perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.
  10. Memperbaiki fungsi sel-sel di dalam tubuh.
Demikianlah informasi mengenai beberapa manfaat mengkudu bagi kesehatan tubuh, semoga informasi ini berguna bagi kesehatan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar