Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Umbi (Rimpang) Jahe

Jahe atau Zingiber Offcinale merupakan tanaman rimpang dan dikenal luas bermanfaat sebagai rempah juga bahan obat. Tanaman ini diperkirakan berasal dari India, tetapi dipercayai berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India jahe diperjual belikan sebagai rempah ke daerah Asia tenggara, Jepang, Tiongkok sampai ke Timur Tengah. Pada jaman kolonialesme jahe menjadi komoditas terkenal di Eropa karena mampu memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan.
Khasiat Rimpang Jahe, Kegunaan Rimpang Jahe
Manfaat Umbi (Rimpang) Jahe
Umbi (rimpang) jahe mengandung senyawa keton bernama Zingeron, senyawa ini mampu memberikan rasa pedas pada jahe. Rimpang jahe berbentuk jemari dan mengembung di ruas-ruas tengah. Akar rimpang ini memiliki warna kekuningan hingga kemerahan dengan bau sedikit menyengat. Rimpang jahe harus dipanen pada umur tidak terlalu muda atau terlalu tua supaya didapat jahe berkualitas. Jika dipanen terlalu muda rimpang jahe tidak mampu disimpan dalam waktu lama, sehingga harus cepat diolah supaya jahe tetap layak konsumsi.
Berbagai produk olahan dari rimpang jahe telah dihasilkan, hal ini bertujuan untuk mempermudah penyimpanan dan penggunaannya. Produk-produk olahan itu seperti Jahe Kering, Bubuk Jahe, Awetan Jahe dan Oleoresin Jahe. Karena memiliki kandungan zat kimia alami yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, rimpang jahe banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat herbat untuk berbagai penyakit.
Berikut Merupakan Berbagai Manfaat Umbi (Rimpang) Jahe 
  1. Obati Luka Tergores atau Digigit Ular, tumbuk rimpang jahe dan campur dengan sedikit garam. Selanjutnya tempelkan ke bagian luka, ingat hal ini hanya sebagai pertolongan pertama.
  2. Obat Gigitan Serangga, remukan rimpang jahe dan gosokan ke bekas gigitan serangga tersebut. Rasa hangat dari jahe akan mengurangi efek dari gigitan serangga.
  3. Obat Hati Bengkak, Obat Demam, dan Obat Batuk, caranya dengan meremukan rimpang jahe dan merebusnya sampai mendidih. Setelah itu, minum air rebusan dalam keadaan hangat.
  4. Obat Rematik, sediakan rimpang jahe satu atau dua buah. Bakar rimpang tersebut dan dikeprek, tempelkan pada bagian yang sakit.
  5. Membuat Lambung Terasa Nyaman, caranya dengan membakar rimpang jahe dan mengeprek rimpang tersebut. Setelah itu seduh dengan air panas dengan menambahkan gula merah secukupnya. Minum air seduhan tersebut, rasa hangat dari jahe mampu meredakan perut kembung.
  6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Jahe mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar dan kerja jantung menjadi ringan.
  7. Membantu Memperlancar Pencernaan, jahe mengandung enzim Protease dan Lipase kedua enzim ini mampu mencerna Protein dan Lemak.
Demikianlah informasi megenai berbagai manfaat dari Umbi (Rimpang) Jahe bagi kesehatan tubuh, semoga informasi ini berguna bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar