Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Khasiat Bawang Putih

Khasiat Bawang Putih : Bagi anda ibu rumah tangga tentu sudah tidak asing lagi denan rempah satu ini, bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu penyedap dalam masakan. Bawang Putih merupakan tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi tersebut. Umbi dari tanaman satu ini merupakan salah satu bumbu dasar dalam setiap masakan khas Indonesia. Bawang putih mentah memiliki rasa getir atau angur, rasa ini diakibatkan karena kandungan zat kimia Alliin, juga senyawa-senyawa Sulfur dalam bawang putih mentah.
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Berbagai Khasiat Bawang Putih
Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan
Pada umumnya bawang putih digunakan sebagai bumbu dasar masakan di Indonesia. Penggunaan bawang putih sebagai bumbu masakan dapat dilakukan dengan cara dihancurkan atau dikeprek dengan sisi pisau sebelum diiris untuk ditumis dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih dapat juga dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai bumbu masakan. Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan tubuh anda. Pada masa lalu orang Yunani dan Romawi menggunakan bawang putih sebagai obat Lepra dan Asma, bawang putih juga dikonsumsi oleh para pembangun piramid di Mesir untuk meningkatkan stamina dan mencegah penyakit.
Pada ilmu kesehatan modern, bawang putih dikenal memiliki kandungan 100 bahan kimia alami seperti Vitamin A, B, C, Potasium, Kalsium, Besi, Antioksidan, Karoten, Selenium, dan berbagai bahan aktif lainya dimana bahan aktif ini mampu menyembuhkan penyakit. Bawang putih mengandung asam amino alisin, alisin ini sangat berberan penting untuk mencegah akumulasi Platelets pada dinding arteri yang biasanya menimbulkan penyumbatan sebagai penyebab stroke atau serangan jantung.
Berikut merupakan Khasiat Bawang Putih untuk kesehatan tubuh :
  1. Kandungan Antioksidan pada bawang putih dapat bermanfaat sebagai anti kanker. Bagi anda perokok berat disarankan agar mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh anda sekaligus mencegah kanker. Selain itu kandungan antioksidan ini bisa berfungsi untuk mengusir racun dari dalam tubuh, hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. 
  2. Bawang putih mengandung anti-peradangan, dimana zat ini berfungsi untuk meredakan demam dan sakit tenggorokan, caranya dengan mengunyah dan menelan bawang putih mentah.
  3. Sebagai anti-bakteri, bagia anda yang mengalami infeksi pencernaan bawang putih bisa menjadi obat jitu. Caranya dengan mengiris-iris bawang putih dan menjadikan salad.
  4. Bagi anda penderita diabetes, bawang putih bisa bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.
  5. Mengkonsumsi bawang putih dengan cara dikunyah dapat melancarkan pembuluh darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.
  6. Bawang putih bisa berfungsi sebagai pertolongan pertama bagi penderita keracunan akibat merkuri atau arsenik.
Demikianlah informasi mengenai berbagai Khasiat Bawang Putih bagi kesehatan anda. Karena bawang putih memiliki aroma cukup menyengat, disarankan untuk menyikat gigi setelah anda mengunyah atau mengkonsumsi bawang putih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar