Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Daun Sirih

Tanaman satu ini hidup merambat dan bersandar pada tanaman lain. Daun dan buah tanaman ini sering dimanfaatkan dengan cara dikunyah bersama Gambir, Pinang dan Kapur. Kebiasaan mengunyah sirih bisa mengakibatkan gigi kuat namun pada perkembangan ilmu kesehatan, mengunyah sirih bisa memacu pertumbuhan kanker mulut. Selain dikunyah, daun sirih sering dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisianal untuk berbagai jenis penyakit.
Tanaman ini mampu tumbuh sampai ketinggian 15 meter, batang sirih berwarna Coklat kehijauan, berbentuk bulat dan beruas. Pada bagian ruas batang akan menjadi tempat bertumbuhnya akar tanamann. Daun sirih berbentuk Jantung dengan ujung runcing. Daun sirih tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan meengeluarkan aroma sedap jika anda remas. Daun tanaman ini berukuran panjang 5 – 8 cm dengan lebar 2 – 5 cm.

Khasiat Daun Sirih, Kegunaan Daun Sirih.
Manfaat Daun Sirih
Sirih memiliki berbagai kandungan senyawa kimia bermanfaat bagi tubuh, seperti Minyak Atsiri yang mengandung Minyak Terbang, Seskuiterpen, Pati, Diatase,  Gula, Zat Samak, dan Kavikol dimana zat ini berguna untuk membunuh kuman, antioksidasi dan fungisida anti jamur. Tanaman ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan akibat bakteri dan cendawan. Karena mengandung Kavikol membuat tanaman ini bersifat Antiseptik, karena Kavikol mempunyai kemampuan antiseptik lima kali lipat dari Fenol biasa. Sifat antiseptik pada tanaman sirih membuat tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.
Berikut Merupakan Berbagai Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan :
  1. Obat Mimisan, daun sirih digulung kemudian dimasukan ke lubang hidung untuk menyumbat aliran darah.
  2. Obat Iritasi Mata, enam lembar daun sirih segar direbus dengan satu gelas air sampai mendidih. Setelah air rebusan dingin gunakan untuk membasuh mata, dengan cara mencelupkan mata kedalam air rebusan sambil meta dikedip-kedipkan.
  3. Obat Diare, sediakan 4 – 6 lembar daun sirih segar, Merica satu biji dan Minyak Kelapa satu sendok makan. Campur dan haluskan bahan-bahan tersebut dengan cara ditumbuk, kemidian dioleskan pada daerah sekitar perut.
  4. Obat Batuk, daun sirih sebanyak 15 lembar direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas air. Setelah dingin, minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehar sama banyak. Lakukan pengobatan ini sampai batuk sembuh.
  5. Obat Gatal-gatal, siapkan 6 lembar daun sirih, stau potung Jahe dan 1 1/2 sendok Minyak Kayu Putih. Campur bahan-bahan tersebut dengan cara dihaluskan. Selanjutnya gosokan campuran tersebut pada daerah gatal.
  6. Obat Keputihan, daun sirih sebanyak 10 lembar direbus dengan 2 1/2 liter air sampai mendidih. Saat hangat gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh bagian kewanitaan.
  7. Menghilangkan Bau Mulut, cara pertama dengan mengunya langsung daun sirih dan mendiamkan selama satu menit didalam mulut. Cara ke dua, rebus 5-6 lembar daun sirih dan mengunakan air sebanyak dua gelas sampai tersisa satu gelas saja kemudian air rebusan digunakan sebagai obat kumur.
  8. Obat Sakit Gusi, 10 lembar daun sirih direbus dengan 5 gelas air smapai mendidih. Tambahkan sedikit garam dan sunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.
  9. Obat Bau Badan, sebanyak 2-3 lembar daun sirih segar direndam dalam satu gelas air panas. Air rendaman tersebut diminum dua kali sehari sama banyak.
Demikianlah informasi mengenai berbagai Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar