Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Secara luas masyarakat Indonesia sangat mengenal jenis buah satu ini. Buah dengan warna kulit Hijau ketika masih muda dan berwarna Kuning saat sudah masak. Ada pula beberapa pisang berwarna Jingga, Hitam, Ungu dan kemerahan ketika masih muda. Buah pisang tersusun dalam tandan berkelompok-kelompok dan tersusun secara menjari atau disebut juga Sisir. Buah pisang banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan diolah dengan cara digoreng, dikukus atau dibakar. Selain diolah terlebih dahulu buah ini juga cocok bila disantap langsung dalam keadaan segar, dengan catatan buah tersebut sudah benar-benar matang.

Khasiat Buah Pisang, Kegunaan Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan
Produk olahan buah pisang sangat beragam, mulai dari makanan ringan seperti keripik dan minuman atau just. Pisang digolongkan menjadi dua jenis menurut penggunaanya yaitu, Pisang meja dan pisang olahan. Pisang meja merupakan buah pisang yang cocok dikonsumsi dalam keadaan segar setelah buah matang. Sedangkan pisang olahan harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
Buah pisang memiliki berbagai kandungan gizi dan mineral alami, dimana kandungan tersebut penting bagi kesehatan anda. Dalam 100 g buah pisang energi sebesar 136 kal dimana nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan kandungan energi pada 100 g buah Apel sebesar 54 kal. Pisang banyak mengaandung Kalium, Fosfor, Magnesium, Kalsium dan besi. Dalam 100 g  Buah pisang juga menandung berbagai jenis vitamin sperti Vitamin A 45 mg, Vitamin B6 0,5 mg , Juga Vitamin B. Karena memiliki banyak manfaat buah ini banyak digemari oleh mayarakat secara luas.
Berikut Merupakan Berbagai Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan :
  1. Mengurangi efek nikotin dalam tubuh, kandungan Vitamin B6 dan B15 baik untuk mengurangi efek nikotin bagi anda perokok aktif.
  2. Meredakan nyeri haid, Vitamin B6 pada buah pisang juga mampu meredakan nyeri pada saat haid.
  3. Mencegah anemia, kandungan zat besi dalam buah pisang mampu membantu fungsi hemoglobin dalam darah dan menormalkan tekanan darah.
  4. Sebagai sumber tenaga instant, kandungan gula pada buah pisang bersifat larut sehingga mudah diserap tubuh dan diubah menjadi energi.
  5. Membantu meningkatkan fungsi ginjal, potasium dalam buah pisang mampu memberikan efek positif bagi ginjal. Potasium berfungsi untuk mengotrol pengeluaran kalsium dalam urin. Buah pisang juga mengandung senyawa fenolik antioksidan, dimana anti oksidan ini baik untuk menjaga kesehatan ginjal.
  6. Menurunkan resiko tekanan darah tinggi, karena kandungan kalium tinggi dan sodium rendah, maka buah pisang baik dikonsumsi untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan stroke.
  7. Menjaga kesehatan mata dan Mencegah kulit kering, kadungan Vitamin A pada buah pisang cukup tinggi dan hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.
  8. Menjaga kesehatan saluran pencernaan, serat karbohidrat dalam buah pisang sangat baik untuk mengatur sistem saluran pencernaan dalam tubuh, dan mengontrol gerakan usus supaya tetap teratur.
  9. Mencegah stres, kadunganr potasium dalam buah pisang bisa memberikan ketenangan pikiran dan menghindarkan diri dari stres.
  10. Baik utuk ibu hamil, buah pisang mengandung asam folat, seperti anda ketahui asam folat sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.
Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh anda, semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar