Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Daun Asam

Anda tentu sudah cukup mengenal tanaman satu ini, terutama anda ibu-ibu rumah tangga. Tanaman ini banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan buahnya, sebagai obat atau bumbu masakan. Rasa asam pada buahnya membuat tanaman ini menjadi populer dan gampang diingat. Sebagian besar masyarakat Indonesia memanfaatkan buah asam sebagai bumbu masakan contohnya dalam kuah Pempek. Selain buahnya, daun tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal untuk berbagai penyakit.

Khasiat Daun Asam, Kegunaan Daun Asam
Manfaat Daun Asam
Daun asam mengandung senyawa kimia bermanfaat seperti Saponin, Flavonoid, dan Tanin. Senyawa aktif Flavonoid dan Tanin bermanfaat untuk peluruhan lemak melalui suatu peningkatan metabolisme, sehingga terjadi pembakaran timbunan lemak. Peluruhan lemak oleh senyawa aktif Flavonoid dan Tanin melaui pendekatan pemecahan lemak dikatalis enzim limpase sehingga dapat menjadi solusi pelangsing alami.
Berikut Merupakan Manfaat dan Cara Pengobatan Dengan Daun Asam :
  1. Obat Demam, sediakan dua genggam daun asam dan Adas Pulawaras secukupnya. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 1/2 liter air sampai mendidi. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut dan minum 2x sehari.
  2. Obat Reumatik, satu genggam daun asam dan dua biji buah asam. Bahan-bahan tersebut ditumbuk, setelah halus dioleskan pada bagian reumatik.
  3. Obat Luka Baru, daun asam secukupnya dikunyah hingga halus dan dioloeskan pada bagian luka.
  4. Obat Eksim dan Bisul, daun asam yang masih muda dan dua jari rimpang kunyit dicuci bersih. Selanjut tumbuk halus bahan-bahan tersebut dan ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat daun asam serta cara pengobatan degan daun asam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar