Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya atau Carica Papaya L. merupakan tumbuhan asli Meksiko bagian Selatan dan bagian utara Amerika Selatan. Pepaya banyak dibudidayakan di hampir seluruh daerah tropis untuk dimanfaatkan buahnya. Selain buahnya, daun tanaman pepaya juga mempunyai banyak manfaat untuk Manusia. Daun pepaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran dan pelunaka daging, daun pepaya juga bisa dijadikan lalapan setelah dilayukan dengan air panas terlabih dahulu. Getah pada semua bagian pepaya memiliki kandungan Enzim Papain, semacam Protease untuk melunakan daging dan mengubah Konformasi Protein.
Khasiat Daun Pepaya, Kegunaan Daun Pepaya
Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan
Pada umumnya pemanfaatan daun pepaya sebagai bahan sayuran terkendala oleh rasa pahit dari daun tersebut. Bagi anda penggemar masakan daun pepaya tidak perlu bingung lagi dengan rasa pahitnya, karena sudah ada resep untuk menghilangkan rasa pahit dari daun tersebut. Cara menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya dengan menggunakan Tanah Ampo. Tanah ini dapat diperoleh di pasar, biasanya dijual dalam bentuk bulatan-bulatan. Jika anda tidak mendapatkan tanah ini di pasar, anda bisa menggunakan tanah liat dengan warna abu-abu. Pada saat anda merebus daun pepaya, campurkan juga tanah jenis ini secukupnya makan rasa pahit dari daun pepaya akan hilang.
Berikut merupakan beberapa Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan :
  1. Melancarkan ASI, siapkan 3 lembar daun pepaya dan panaskan dengan api hingga layu, setelah itu dalam keadaan hangat tepelkan pada sekeliling payudara, jangan pada puting.
  2. Sebagai Obat Jerawat dan Menghaluskan Wajah, caranya dengan menyiapkan 3 gram daun pepaya dan dilayukan dengan panas matahari. Setelah daun layu, tumbuk daun hingga halus sambil ditambahkan sedikit air. Gunakan tumbukan daun ini sebagai masker dan lakukan secara rutin setiap sore. Pada saat membilas gunakan air biasa, jangan menggunakan sabun karena dapat mengurangi khasiatnya.
  3. Melancarkan Pencernaan, kandungan senyawa Karpain dalam daun pepaya mampu membunuh mikroorganisme pengganggu sistem pencernaan.
  4. Mengobati Nyeri Haid, Gunakan selembar daun pepaya muda dicampur dengan asam jawa dan garam tambahkan 250 cc air lalu rebus. Setelah mendidih tambahkan madu dua sendok makan, diamkan sampai dingin dan minum air rebusan tersebut.
  5. Meredakan Demam Berdarah, ambil 5 lembar daun pepaya dan rebus dengan setegah liter air, lakukan perebusan hingga tersisa segelas air, tambahkan garan juga dua sendok madu. Minum rebusan ini pagi, siang, sore dan sebelum tidur sampai demam berdarah sembuh.
Demikian informasi mengenai berbagai Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan, semoga informasi ini berguna bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar