Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Daun Bayam

Bayam merupakan tanaman Hijau dan banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan daunya. Tanaman ini berasal dari daratan Amerika Tropik, namun sekarang sudah menyebar luas ke seluruh Dunia. Bayam dikenal sebagai tanaman sumber zat besi, dimana mineral tersebut penting bagi tubuh. Daun bayam diolah sebagai sayur hanya di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur. Masyarakat Indonesia dan Malaysia sering menyalah artikan bayam sebagai Spinach.
Bayam memiliki dua jenis, yaitu Bayam Petik dan Bayam Cabut. Bayam petik mempunyai daun lebar dengan batang besar sampai 2 meter, bayam jenis ini cocok digunakan sebagai lalapan seperti pecel, urap, gado-gado dan digoren dengan tepung. Sedangkan bayam cabut berdaun kecil dan ditanam untuk jangka umur pendek, daun bayam jenis ini cocok untuk dijadikan sayur bayam dan sayur bobor. Sayuran ini banyak mengandung nilai gizi penting bagi kesehatan tubuh. Setiap 100 gram daun bayam mengandung Protein 2,3 gram, Karbohidrat 3,2 gram, Zat Besi 3 gram, dan Kalsium 81 gram. Daun bayam juga kaya akan berbagai Vitamin dan Mineral seperti Vitamin A, Vitamin C, Niasin, Thiamin, Fosfor, Natrium, Kalium dan Magnesium.

Khasiat Daun Bayam, Kegunaan Daun Bayam
Manfaat Daun Bayam
Berikut Merupakan Berbagai Manfaat Daun Bayam :
  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan, Beta-karoten dan Vitamin C dalam bayam berguna untuk menjaga kesehatan sel-sel usus dari efek negatif radikal bebas.
  2. Perangsang Pertumbuhan, zat besi pada daun bayam merupakan mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak dan remaja.
  3. Menjaga Fungsi Otak, kandungan Vitamin K membuat sistem sarat otak menjadi sehat dan fungsi sintesis Sphingolipids.
  4. Menjaga Kepadatan Dan Kekuatan Tulang, setiap satu cangkir daun ayam mengandung lebih dari 1000% AKG vitamin K dan berguna untuk mencegah kelebihan Osteoklas atau sel-sel pemecah tulang.
  5. Menjaga Kesehatan Kulit, vitamin A dalam bayam bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih sehat dan menjaga kelembaban kulit labih epidermis untuk mencegah jerawat dan keriput.
  6. Menjaga Penglihatan, anti oksidan dalam bayam mampu melindungi mata dari katarak dan gangguan penglihatan akibat usia.
  7. Mengurangi Tekanan Darah, pada daun bayam terdapat Angiotensin dan Peptida yang terbukti bisa menurunkan tekanan darah.
  8. Sebagai Anti Oksidan, bayam banyak mengandung berbagai senyawa pencegah penyakit seperti Vitamin C, Vitamin E, Beta-karoten, Mangan , Seng, dan Selenium.
Demikian merupakan informasi mengenai berbagai manfaat dari daun bayam untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar