Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Daun Sirih Merah

Tanaman ini masih berkerabat dengan Sirih Hijau dan tanaman Lada. Sirih merah merupakan tanaman merambat dan banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan daunya. Sirih merah berasal dari daerah Sulawesi dan memiliki nama latin Piper Omatum. Daun tanaman ini sejak lama dipercaya mampu menjadi obat herbal untuk berbagai jenis penyakit. Daun sirih merah berbentuk jantung berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai dan jika diremas akan mengeluarkan bau sedap. Daun sirih merah mengandung berbagai kandungan zat kimia alami dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sirih merah mempunyai sifat Antiseptic, sehingga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka.

Khasiat Daun Sirih Merah, Kegunaan Daun Sirih Merah.
Manfaat Daun Sirih Merah
Pembudidayaan tanaman ini tidak terlalu sulit, hampir sama dengan cara membudidayakan tanaman lada. Sirih merah dibudidayakan dengan menggunakan tunas dari batang, tunas ini kemudian dipotong dan dipindahkan ke tempat lain seperti pot bunga. Selain dikenal sebagai tanaman obat herbal, sirih merah juga terkenal sebagai tanaman hias. Warna merah dari daun tanaman ini menjadikan tanaman ini mudah diingat dibandingkan tanaman lain. Sejak dahulu daun sirih merah sudah dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti, Ambeien, Keputihan, Menyembuhkan batu ginjal, Mengobati asam urat, Megatasi masuk angin, Meredakan nyeri sendi dan Mengobati radang prostat.
Berikut Merupakan Beberapa Manfaat Daun sirih Merah
  1. Obat Diabetes, Daun sirih Merah juga dapat mengobati penyakit Diabetes caranya dengan meminum air rebusan daun sirih merah, karena air rebusan daun sirih merah dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
  2. Obat Kumur, Kandungan Alkaloid pada sirih merah juga bersifar membunuh mikroba, oleh sebab itu air rebusan daun sirih merah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kumur.
  3. Obat Tumor, Daun Sirih merah juga bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit tumor caranya dengan merebus selembar daun sirih merah segar dengan dua gelas air, rebus sampai mendidih dan tersisa satu gelas air saja. Kemudian air rebusan tersebut dibagi tiga sama banyak. Air rebusan tersebut diminum tiga kali sehari setiap sebelum makan.
  4. Obat Keputihan, caranya dengan merebur 7-10 lembar daun sirih dan menggunakan air rebusan untuk membasuh organ kewanitaan.
Demikian informasi mengenai berbagai manfaat dari daun sirih merah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar