Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Khasiat Tanaman Kumis Kucing

Khasiat Tanaman Kumis Kucing : Mungkin nama tanaman ini sudah tidak asing lagi di telinga anda, kumis kucing dikenal secara luas hampir di seluruh penjuru tanah air sebagai tanaman obat untuk berbagai macam penyakit. Dinamakan kumis kucing karena bunga tanaman ini memiliki bentuk mirip dengan kumis dari kucing. Kumis kucing atau Orthosiphon Aristatus merupakan tanaman obat asli dari Indonesia, tanaman ini berbatang basah dan tegak. Batang tanaman ini berbentuk kotak angak beralur, berbulu pendek atau gundul dan mampu tumbuh dengan ketinggian 2 meter. Daun tanaman ini berbentuk bulat, lonjong se[erti telur dengan ukuran panjang 1-10 cm dan lenar 7.7-15 cm.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Pengobatan Dengan Kumis Kucing
Khasiat Tanaman Kumis Kucing
Kumis kucing mampu tumbuh dengan baik pada daerah dengan intensitas curah hujan mencapai lebih dari 3000 mm/tahun. Tempat tumbuh tanaman ini tidak boleh ternaungi, karena naungan hanya akan membuat ekstrak daun berkurang. Dengan suhu panas sampai sedang tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Pembudidayaan kumis kucing sangat cocok pada tanah Latosol dan Andosol. Jika ditanam sebagai tanamn produksi sebaiknya keadaan tanah harus subur, gembur, banyak mengandung bahan-bahan organik dan memiliki sistem pengairan dan tata udara yang baik.
Tanaman ini memiliki kandungan berbagai zat kimia alami seperti Orthosiphon Glikosida, Zat Samak, Minyak Atsiri, Minyak Lemak, Saponin, Sapofonin, Garam Kalium dan Myoinositol. Berbagai kadungan kimia tersebut sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Oleh sebab itu tanaman ini dipercaya sebagai obat herbal ampuh untuk berbagai penyakit oleh masyarakat Indonesia.
Berikut Merupakan Manfaat Dari Tanaman Kumis Kucing :
  1. Obat Masuk Angin, Satu sendok daun kumis kucing direbus dengan segelas air hingga mendidih dan tersisa setengah gelas air. Setelah air rebusan dingin, minum sekaligus air rebusan tersebut.
  2. Obat Sakit Pinggang, tujuh lembar daun kumis kucing dan dua potong akar kumis kucing direbus dengan segelas air hingga mendidih. Diamkan air rebusan tersebut selama satu malam baru diminum.
  3. Obat Nyeri Buang Air Seni, Keringkan bunga kumis kucing seperti teh kemudian diseduh dengan air panas, boleh juga ditambahkan gula aren. Minum air seduhan tersebut secara rutin.
  4. Obat Memperlancar Air Seni, sediakan kumis kucimg 30 gr, akar alang-alang 30 gr dan meniran 30 gr. Cuci bersih setelah itu rebus bahan-bahan tersebut dengan tiga gelas air hingga mendidih sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari secara rutin.
  5. Obat Batu Ginjal, siapkan Daun kumis kucing 25 gr, Daun ngokilo 25 gr, Daun meniran beserta akarnya 25 gr, dan Daun keji beling 25 gr. Cuci bersih semua bahan-bahan tersebut dan rebus dengan empat gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut dan habiskan dalam sehari.
Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat dari tanaman kumis kucing bagi kesehatan tubuh, semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar