Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan : Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan rempah satu ini, apa lagi bagi anda ibu rumah tangga tentu sudah cukup akrab dengan bumbu masakan ini. Rempah satu ini pada umunya digunakan sebagai salah satu bumbu dasar masakan oleh masyarakat Indonesia. Bawang merah merupakan tanaman berbunga majemuk berbentuk tandan bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Bagian umbi dari tanaman ini merupakan bagian yang paling sering dimanfaatkan selain itu daun dan tangkai bunganya juga sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Khasiat Bawang Merah, Kegunaan Bawang Merah
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan
Bawang merah mengandung berbagai bahan kimia aktif alami, dimana bahan-bahan ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahan-bahan tersebut seperti Karbohidrat, Gula, Diet serat, Lemak jenuh, Protein, Vitamin B6, B12, Folat, Vitamin C, E, K, Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, dan berbagai bahan aktif lainya. Karena memiliki kandungan berbagai bahan aktif, maka selain sebagai bumbu masakan bawang merah juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit.
Berikut merupakan berbagai Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan :
  1. Bawang merah dapat membunuh berbagai mikroba, tanaman ini memiliki sifat minyak yang mampu membunuh berbagai mikroba seperti mikroba Staphylococci, mikroba Streptococci penyebab penyakit radang pada torak dan kerongkongan, dapat juga membunuh mikroba TBC. Cara pengobatanya dengan memakan bawang merah atau menghirup aromanya.
  2. Bawang merah dapat meminimalisir pembekuan darah, caranya dengan mengkonsumsi bawang merah mentah dicampur keju.
  3. Air perasan bawang merah dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa perih pada luka, caranya dengan mengoleskan air perasan pada bagian tubuh tersebut.
  4. Air seduhan dari bawang merah dapat dimanfaatkan sebagai obat cacing, caranya dengan merebus bawang merah dan mendiamkan air rebusan tersebut selama satu malam, sebelum diberikan kepada anak sebaiknya dicampur dengan madu sekukupnya lalu diminum.
  5. Sebagai Obat Tenggorokan akibat batuk atau flu, caranya dengan membuat jus bawang merah dan mencampurkan madu secukupnya lalu diminum.
  6. Bawang merah mentah bila dikonsumsi mentah dapat meningkatkan insulin, dimana hal ini baik bagi penderita diabetes.
DEmikianlah berbagai Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan. Sama seperti bawang putih, bawang merah juga memiliki aroma menyengat, jadi disarankan untuk menggosok gigi setelah mengkonsumsi bawang merah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar