Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Khasiat Cabe Jawa

Khasiat Cabe Jawa : Cabe Jawa merupakan tanaman asli Indonesia dan dipopulerkan sebagai tanaman obat pekarangan dan tumbuh baik pada daratan dengan ketinggian 600 meter dpl. Cabe jawa masih berkerabat dengan tanaman lada dan termasuk dalam suku sirih sirihan. Buah cabe jawa berwarna Hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi Merah ketika sudah matang.  Buah tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jamu tradional. Sebelum digunakan, cabe jawa harus dikeringkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kadar airnya supaya cabe menjadi awet dan selanjutnya digiling supaya halus.
Kegunaan Cabe Jawa, Manfaat Cabe Jawa
Khasiat Cabe Jawa
Buah cabe jawa banyak mengandung berbagai senyawa kimia alami seperti, Zat pedas Piperine, Minyak menguap, Alpha Amirin, Finelol, Dehydromatricaria Ester, Cineole, Terpinen-4, Caryophylene 1-beta, 1-quebrachitol. Biji tanaman ini bersifat Anti rasa dingin, Menghilangkan rasa sakit, Menghentikan pendarahan, Melancarkan peredaran darah, Mengatur menstruasi dan Mencegah keguguran. Efek Farmakologi ini didapat setelah buah dikeringkan dengan cara diangi-anginkan. Karena memiliki berbagai khasiat, maka buah cabe jawa dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti Perut kembung, Mulas, Muntah-muntah, Memperbaiki pencernaan, Menambah nafsu makan, Menyembuhkan encok, Mengobati tekanan darah rendah dan Meredakan demam.
Berikut Merupakan Berbagai Khasiat Cabe Jawa :
  1. Obat Gosok, caranya dengan mengeringkan 3 biji buah cabe jawa. Setelah kering haluskan cabe tersebut, selanjutnya direndam dalam 5o cc minyak kelapadan diamkan selama 14 hari. Oleskan minyak tersebut pada bagian tubuh sebagai obat gosok untuk meringankan rasa sakit dam memberikan rasa hangat.
  2. Obat Lemah, siapkan bahan-bahan seperti 6 buah cabe jawa kering, akar alang-alang 3 batang, rimpang lempuyang 3/4 jari, daun sambiloto 3/4 genggam, dan gula jawa atau gula aren 3 jari. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 1/4 gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin 3 x sehari sebanyak 3/4 gelas.
  3. Obat Masuk Angin, caranya dengan merebus 3 cabe jawa kering, daun poko 1/4 genggam, daun kesumba keling 1/4 genggam dan gula jawa atau gula aren 3 jari. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 1/4 gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin 3 x sehari sebanyak 3/4 gelas.
  4. Obat Pencernaan Terganggu, Obat Batuk dan Menguatkan Lambung, Jantung, juga Paru-paru. siapkan 3 butir buah cabe jawa kering kemidian dihaluskan dan dicampur dengan madu secukupnya. Seduh campuran tersebut dengan air panas, dan minum selagi masih hangat.
Demikian informasi mengenai berbagai manfaat dan khasiat dari buah cabe jawa bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar