Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Madu dan Khasiat Madu

Apa itu madu ?? Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi, Rasa manis madu disebapkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.

madu asli, madu murni
Manfaat Madu Asli

Khasiat Madu :

  1. Memelihara : Anda bisa melakukan dua cara sekaligus dalam mengonsumsi madu. Meminumnya secara berkala serta mengaplikasikannya langsung pada kulit dan rambut. Nutrisi yang ada di dalam madu seperti magnesium, potassium dan kalsium berkontribusi dalam regenerasi kulit yang mendorong sel untuk menciptakan kulit sehat dan indah.
  2. Melindungi : Dari sekian banyak keuntungan yang diberikan madu, melindungi kulit adalah kemampuan utamanya. Kandungan antioksidan, anti-jamur dan anti-mikrobanya dapat menyembuhkan luka, bintik-bintik merah dan melawan infeksi kulit.
  3. Menyembuhkan : Infeksi dan luka dapat diminimalisir dengan mengonsumsi madu. Ini disebabkan madu mempunyai kandungan anti-mikroba. Esensi gula pada madu dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka.
  4. Membersihkan : Kedengarannya aneh memang bila madu dikatakan sebagai pembersih. Akan tetapi, kandungan enzim alami dalam madu, ketika dicampur dengan air, dapat membuat cairan antispetik yang lembut untuk membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa mengurangi kandungan minyak alami Anda.
  5. Melembabkan : Madu telah lama dikenal sebagai kandungan alami, yang bila digunakan secara teratur, dapat melembutkan kulit maupun rambut dalam keadaan paling kering. Anda dapat mengoleskan madu ke daerah wajah dan leher atau campurkan dengan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat kulit menjadi lebih lembut.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan :

  • Madu Untuk Mempercantik KulitM : Antibakteri yang terkandung dalam madu dapat digunakan sebagai perawatan untuk mempercantik kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah dan leher dengan mencampirkan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu, madu juga dapat membantu agar kulit lebih kencang dan terlihat muda karena kandungan madu yang dapat menangkal radikal bebas.
  • Madu Sebagai Antibiotik : Madu bekerja sebagai antibiotin alami dan sanggup bekerja mengalahkan bakteri-bakteri mematikan. Karena sifatnya yang asam, madu tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Dengan menghasilkan hidrogen peroksida, madu merupakan antiseptik alami yang luar biasa. Kekentalan madu yang sedikit mengandung air ini, menghasilkan proses osmosis dengan menyerap air dari bakteri yang menyerang tubuh, seperti halnya spon yang mudah menyerap air. Kemudian madu mengeringkan bakteri yang sudah diserap airnya. Akhirnya bakteri sulit tumbuh dan mati.
  • Madu Sebagai Antioksidan Alami : Kandungan flavonoid dalam madu, sangat bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk membantu mengurangi resiko berbagai jenis penyakit, seperti kanker dan jantung. Infeksi dan luka kecil juga cepat sembuh jika kita mengkonsumsi madu rutin. Untuk yang terkena infeksi di kulit dan bintik-bintik merah juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi madu.
  • Madu Sebagai Pembunuh Kuman : Madu memiliki kandungan yang sangat lengkap, salah satunya asam amino bebas yang mampu membantu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit. Dengan antibiotik madu mampu mengalahkan bakteri patogen penyebab penyakit infeksi.
  • Madu Sebagai Obat Luar : Karena antiseptik yang dikandung madu, kita bisa menggunakan madu sebagai obat luar, di Australia telah dikembangkan sebuah saleb yang terbuat dari madu. Saleb ini untuk mengobati luka luar. Bagi perempuan terutama remaja yang risih dengan jerawat yang nongol di wajah. Anda bisa menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar