Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Daun Singkong

Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman tropis satu ini. Singkong atau Ubi Kayu merupakan tanaman Tropis penghasil Karbohidrat dan daunya dapat dimanfaatkan sebagai sayur. Pada umumnya masyarakat membudidayakan singkong untuk dimanfaatkan umbinya, karena umbi singkong merupakan salah satu bahan pangan penghasil karbohidrat. Selain umbinya, daun tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Daun singkong biasa diolah menjadi berbagai masakan karena memiliki rasa lezat jika dipadukan dengan bahan makanan lain.

Khasiat Daun Singkong, Kegunaan Daun Singkong.
Manfaat Daun Singkong
Daun singkong memiliki berbagai kandungan gizi bermanfaat seperti Vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, Kalsium, Besi, Kalium, Fosfor, Magnesium, Seng, Tembaga, Mangan dan masih banyak lagi. Karena kaya akan berbagai kandungan gizi maka daun singkong sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu kandungan Asam Amino pada daun singkong berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino pada daun singkong juga berfungsi untuk memulihkan bekas luka, mengganti sel-sel yang rusak, dan meningkatkan daya ingat dengan baik. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, daun singkong sangat cocok untuk dikonsumsi karena daun singkong rendah kandungan kalori. Selain itu daun singkong juga dipercaya mampu menjadi obat untuk berbagai masalah penyakit.
Berikut Merupakan Beberapa Manfaat Dari Daun Singkong :
  1. Obat Sakit Kepala, beberapa lembar daun singkong dicuci bersih kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk. Gunakan tumbukan daun tersebut untuk mengompres kepala, lakukan setiap hari sampai rasa sakit di kepala sembuh.
  2. Obat Diare, sediakan satu ikat daun singkong segar lalu dicuci bersih. Kemudian rebus daun tersebut denga menggunakan 900 cc air, rebus sampai mendidih dan tersisa 400 cc air saja. Setelah air rebusan dingin saring air tersebut. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari sama banyak.
  3. Obat Rematik, siapkan daun singkong segar sebanyak lima lembar, Jahe merah 15 gram, dan kapur sirih secukupnya, kemudian cuci bahan-bahan tersebut sampai bersih. haluskan bahan-bahan tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender, sambil ditambahkan air secukupnya. Oleskan ramuan tersebut pada bagian rematik secara merata. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai sakit rematik hilang.
Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat dan khasiat dari daun singkong. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga, selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar