Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Daun Jeruk

Daun Jeruk, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan daun tanaman satu ini. Daun jeruk atau Citrus Hystrix merupakan daun dari tanaman jeruk dan pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Daun tumbuhan ini berwarna hijau tua dengan bentuk bulat sampai lonjong dan memiliki pinggiran tumpul. Karena memiliki aroma dan rasa khas, biasanya para juru masak menambahkan daun ini sebagai rempah masakan terutama masakan Asia. Sebagian besar juru masak menggunakan daun segar sebagai penyedap rasa, namun tidak jarang digunakan dalam keadaan kering.
Khasiat Daun Jeruk, Kegunaan Daun Jeruk
Manfaat Daun Jeruk
Cara menggunakan daun ini cukup mudah cukup dimasukan dalam keadaan utuh pada waktu memasak atau dirajang terlebih dahulu supaya aromanya lebih keluar. Dalam dunia boga Asia, penggunaan daun jeruk sering digunakan sebagai penetral bau amis dari daging atau ikan, karena rasa masamnya bisa mencegah rasa mual pada saat mengkonsumsi bahan makanan yang berbau amis. Daun jeruk juga sering digunakan sebagai bumbu pecel atau gado-gado, karena aroma khas dari daun jeruk bisa menimbulkan aroma segar dan harum pada pecel atau gado-gado. Selain itu, rajangan daun jeruk juga sering dicampurkan pada adonan tepung rempeyek.
Daun jeruk juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan wewangian, daun jeruk mengandung minyak Atsiri (-)-(s) citronlal (80%) sisanya adalah citronelol (10%), nerol dan limonena. Aroma dari minyak atsiri yang dihasilkan bisa menjadi aroma terapi sebagai penghilang stres. Efek menyenangkan daun jeruk juga bisa anda nikmati dengan cara menyeduh daun jeruk dengan mencampurkan gula batu, madu, jahe atau irisan serai halus. Daun jeruk juga mengandung senyawa Sitral dan Limonene dimana senyawa ini bermanfaat untuk meredakan demam dan batuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar