Boentialo

Rabu, 24 Juli 2013

Manfaat Daun Sirsak

Sirsak atau Nangka Sabrang, merupakan tanaman yang sudah cukup dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Pada umumnya pembudidayaan tanaman ini ditujukan untuk memanfaatkan buahnya. Buah sirsak sudah dikenal memiliki berbagai kandungan gizi bermanfaat bagi tubuh. Selain buahnya, daun tanaman ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Kurangnya pengetahuan akan manfaat dari daun tanaman ini membuat pemanfaatanya kurang maksimal.
Daun sirsak mengandung berbagai senyawa kimia berguna seperti Tanin, Alkaloid, Acetogenins, Annocatacin, Annocatalin dan berbagai kimia aktif lain. Kandungan kimia ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sebagai obat untuk berbagai penyakit. Karena memiliki berbagai manfaat, daun sirsak sering digunakan sebagai obat tradisional. Penggunaan daun sirsak sebagai obat bisa dengan cara direbus atau dengan pengolahan modern yaitu mengambil ekstrak daun. Mengkonsumsi daun sirsak secara rutin dan teratur bisa meningkatkan kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

Khasiat Daun Sirsak, Kegunaan Daun Sirsak.
Manfaat Daun Sirsak
Beberara Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan :
  1. Membunuh cacing parasit dan sebagai anti kejang.
  2. Mengurangi peradangan.
  3. Menguatkan pencernaan.
  4. Menambah nafsu makan.
  5. Membantu menguatkan Syaraf.
  6. Meningkatkan roduksi Asi pada ibu menyusui.
  7. Melebarkan pembuluh darah.
  8. Menyekhatkan Jantung.
  9. Menurunkan kadar gula.
  10. Mengurangi stress.
  11. Menghambat mutasi gen.
  12. menghambat pertumbuhan bakteri dan virus
Cara Memanfaatkan Daun Sirsak Sebagai Obat Kanker :
  1. Memanfaatkan Daun Sirsak Kering, 10 – 15 lembar daun sirsak kering direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja dan diminum setelah dingin. Pengeringan daun sirsak tidak boleh langsung dengan sinar mata hari, melainkan dengan cara diangin-anginkan.
  2. Memanfaatkan Daun Sirsak Dengan Direbus, sebanyak 10 – 15 lembar daun sirsak segar direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas air. Minum air rebusan ini selagi hangat dan diminum 3x sehari secara rutin selama 3-4 minggu.
  3. Memanfaatkan Daun Sirsak Dengan Diblender, 2 – 3 lembar daun sirsak segar diblender dengan 1/4 gelas air hangat. Setelah halus, tambahkan satu gelas air panas dan tempatkan pada wadah tertutup rapat. Kemudian setelah 15 – 20 menit saring air tersebut dan minum airnya selagi hangat.
Demikian informasi mengenai berbagai Manfaat Daun Sirsak dan Cara Memanfaatkan Daun Sirsak Sebagai Obat Kanker. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar